PEMANFAATAN TEKNOLOGI BAGI BISNIS DAN WIRAUSAHA
TEKNOLOGI BAGI BISNIS DAN WIRAUSAHA
Media sosial adalah platform yang digunakan untuk pemasaran bisnis. Bahkan di Indonesia dan dunia, akun media sosial tidak hanya digunakan untuk pemasaran bisnis, tetapi digunakan juga sebagai tempat menjalankan bisnis. Sebagai contoh, banyak pelaku bisnis di Indonesia yang melakukan transaksi dan menjual produk atau jasanya melalui akun media sosial.
Berikut pengaruh teknologi bagi wirausaha yang perlu kamu ketahui:
- Teknologi membantu pelaku usaha dalam melakukan suatu produksi. Tidak dipungkiri lagi, teknologi lebih cepat melakukan produksi dibandingkan tenaga manusia, salah satunya adalah proses pembuatan pakaian.
- Teknologi membantu wirusaha dalam mencari informasi untuk mengembangkan usahanya. Setiap perusahaan pasti memiliki kompetitornya. Dengan adanya teknologi, informasi yang berkaitan dengan kompetitor mudah didapatkan. Selain itu, informasi yang berkaitan dengan kemauan konsumen dan target pasar juga dipermudah, sehingga suatu perusahaan dapat berkembang secara mudah dan pesat apabila memanfaatkan penggunaan teknologi informasi.
- Mempermudah pelaku usaha dalam hal promosi. Promosi bisa dilakukan melalui segala platform media sosial, seperti Tiktok, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Tidak dipungkiri lagi bahwa hampir semua masyarakat menggunakan media sosial, sehingga produk yang dipromosikan oleh pelaku usaha lebih mudah dikenal dan diketahui oleh banyak orang. Namun, perlu diingat bahwa pelaku usaha harus membuat promosi yang sangat menarik untuk mengundang konsumen yang lebih banyak.
- Mempermudah pelaku usaha dalam bertransaksi. Transaksi saat ini dipermudah dengan adanya digital payment, seperti OVO, Gopay, Shopeepay, dan DANA.
- Kemajuan teknologi mempermudah pelaku usaha dalam proses komunikasi. Email, SMS, situs web, dan aplikasi, kini bisa memfasilitasi peningkatan komunikasi dengan konsumen. Menggunakan beberapa jenis metode komunikasi teknologi informasi memungkinkan perusahaan memenuhi pasar ekonomi dengan pesan mereka.
- Pemilik usaha juga dapat menciptakan lingkungan yang aman guna memelihara informasi bisnis. Kamu pasti pernah mendengar beberapa software untuk menyimpan dokumen, file, dan informasi mengenai apapun, seperti Google Drive, Dropbox, One Drive, FileVault, dan lainnya. Sebagai pelaku usaha, kamu perlu memperhatikan tempat kamu menyimpan dokumen/informasi yang sensitif. Hal ini dikarenakan untuk mencegah penyalahgunaan informasi yang disebabkan dari pembobolan software.
PENTING NYA WEBSITE BAGI WIRAUSAHA/ PERUSAHAAN
Bisnis yang dimulai pada era digital bisa menggunakan website dengan baik. Di website, berbagai hal bisa dilakukan dengan cepat sehingga peluang mendulang untung akan lebih besar. Berikut manfaat website yang bisa kamu jadikan rujukan kalau ingin membangun bisnis atau startup.
1. Mengenalkan Merek ke Publik
Manfaat utama dari website adalah mengenalkan merek yang dimiliki. Misal kamu sedang membuat produk baru dan belum dikenal masyarakat, kenalkan pada publik dengan menampilkannya di website. Di dalam website bisa diisi dengan spesifikasi dari produk atau jasa yang ditawarkan ke publik dengan sejelas-jelasnya.
Website juga bisa diisi dengan artikel yang secara tidak langsung menampilkan keunggulan dari produk. Artikel ini bisa dimanfaatkan sebagai content marketing untuk menarik calon pembeli ke website dan mengenal produk dengan baik. Saat ini mengedukasi calon pembeli jauh lebih utama ketimbang membenarkan keunggulan secara masif dan tembak langsung atau hard selling.
2. Terlihat Lebih Profesional
Impresi adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Kalau impresi pertama yang dimiliki oleh target pasar sangat buruk, mereka akan enggan melakukan pembelian. Bahkan, selalu curiga apakah bisnis ini nyata atau hanya abal-abal dan menipu. Nah, agar masalah seperti ini tidak terjadi, buatlah website dengan baik.
Website akan membuat usaha atau bisnis yang sedang kamu lakukan terlihat lebih baik dan profesional. Kamu bisa menyisihkan beberapa uang untuk membayar jasa pembuatan website sesuai dengan keinginan. Selanjutnya selalu perbarui isinya agar calon pembeli mendapatkan info terbaru terkait produk.
3 Mempromosikan Produk dan Menjualnya
Manfaat website yang ketiga adalah untuk melakukan promosi produk secara langsung. Promosi bisa dilakukan di media sosial lalu diarahkan ke website. Kamu bisa membuat semacam landing page yang digunakan untuk membuat product knowledge. Dari sini, calon pembeli bisa belajar tentang produk sehingga mereka memutuskan membeli.
4. Membangun Relasi dengan Pelanggan
Website tidak hanya digunakan untuk melakukan promosi dan menjual barang sebanyak-banyak saja. Lebih dari itu, website juga digunakan untuk membangun relasi dengan pembeli. Membangun relasi sangat penting karena bisa memengaruhi penjualan dan juga memberikan rasa percaya yang tinggi,
Tom Cates pernah berkata, “Strong customer relationships drive sales, sustainability, and growth.” Kalau kita bisa membangun relasi yang kuat dengan pembeli atau pelanggan, kemungkinan bisnis akan gagal cukup rendah. Selama masih ada peminat, produk bisa terus dijual. Terlebih kalau kamu terus melakukan inovasi yang menarik.
5. Sebagai Sarana Branding
Kalau produk yang kamu jual atau buat membuat sebuah prestasi seperti penjualannya deras atau mendapatkan penghargaan, jangan lupa untuk pamer. Tapi pamer di sini dalam arti yang positif ya. Gunakan website untuk melakukan pamer atau memajang prestasi terkait dengan produk yang dijual. Dengan melakukan ini rasa percaya masyarakat akan besar.
Buatlah semacam halaman sendiri yang ada di website. Pamerkan semua pencapaian yang sudah dilakukan agar diketahui masyarakat. Dengan terus melakukan ini masyarakat akan tahu kalau produk yang mereka beli berkualitas dan diterima oleh banyak orang.
Posting Komentar untuk "PEMANFAATAN TEKNOLOGI BAGI BISNIS DAN WIRAUSAHA "